CARA MEMBUAT USAHA RESTORAN RAMAI & VIRAL
“Seribu satu cara sudah dilakukan! Tapi kenapa restoran / cafe yang saya
buka masih sepi? Jika ramai pun hanya sementara saja. Sebenarnya dimana letak
kesalahannya?” Mungkin tidak sedikit dari kita yang pernah bertanya pada diri
sendiri mengenai hal itu.
Ok! Pertama-tama, anda tak perlu heran apalagi panik, karena fakta
sebenarnya di lapangan: Anda tidak sendiri!
Mungkin banyak dari kita belum tahu karena saking banyaknya pihak /
franchise yang menawarkan peluang usaha kuliner dengan iming-iming kesuksesan cepat
dengan modal awal usaha yang kecil, tanpa melihat sebenarnya apa yang akan
dihadapi calon mitranya diluar sana, yaitu persaingan yang sangat ketat.
Saat ini bisnis kuliner telah mencapai tingkatan yang tinggi. Tapi
bukan berarti menjalankan bisnis ini susah, hanya saja diperlukan usaha yang
lebih cerdas untuk bisa membuatnya sukses.
Tidak ada 1 jurus ampuh yang bisa langsung membuat café anda ramai
seketika, berbisnis restoran / café memiliki tantangannya sendiri. diperlukan
Passion, Kerja keras & Kreativitas. Yang terakhir merupakan yang
terpenting, sekaligus yang terlangka (Hehe..) Tetapi tidak perlu kuatir karena
kami akan memberi beberapa solusi cerdas secara detail tentang tips mengelola
restoran / café anda agar bisa sukses!
Berikut 5 Tips cara membuat restoran / café anda terkenal dan senantiasa
ramai pengunjung
1. Membuat konsep café
yang unik
Restoran korea menyajikan daging dengan cara dipanggang oleh kita sendiri,
sedangkan restoran seafood memperbolehkan kita memilih sendiri hewan laut yang
ingin kita makan, bahkan saat hewan tersebut masih hidup. Hal ini terbukti
menyenangkan pelanggan, karena pelanggan jadi merasa bebas, sekaligus
membuat restoran / café anda memiliki ciri khas, ciri khas yang membuat anda
unik sehingga berbeda dengan yang lain. Pengunjung akan mengingat dan
membicarakannya diluar sana
Bila anda tidak ada ide, silahkan baca postingan berikut : Jasa set up konsep resto impian
2. menu makanan yang
unik, tetapi tetap enak.
Dessert house menyajikan menunya dengan dekorasi lucu & imut (cocok
untuk anak muda remaja), sedangkan pada Steak house daging yang dimasak
tersedia dengan berbagai tingkat kematangan, dan disajikan di hotplate yang
terus memasak hingga makanan tersebut sampai di hadapan pelanggan. Kesan inilah
yang kadang tersimpan di memori langganan anda, kesan bahwa kita menghargai
mereka dengan memberikan yang terbaik.
3. mengkampanyekan
Restoran / Café anda di sosial media.
Sosial media merupakan sarana pemasaran yang efektif dan murah. Sangat
disayangkan apabila anda memiliki restoran yang good, menu makanan yang great,
dan servis yang excellent, tetapi tidak mempublikasikannya di sosial media.
Dunia tidak mengetahui eksistensi restoran anda. Sebaliknya merupakan sebuah
berkah untuk umat manusia apabila mereka dapat menemukan restoran anda dengan
mudah. Langkahnya adalah tentukan fokus platform sosmed yang dipilih, buat
profil, publish foto, dan jangan lupa hal yang paling disukai pelanggan baru,
yaitu promo (promosi). Sangat penting mempertahankan Cafe/restoran anda agar
tetap dikenal banyak orang.
4. selalu inovasi, dan
mengikuti perkembangan zaman.
Inovasi yang kami maksud adalah menciptakan sendiri hal-hal unik yang baru,
dengan maksud membuat pelanggan menjadi lebih puas lagi. Contohnya membuat
promo menu makanan khusus bagi yang berulang tahun, sekaligus ikut
memeriahkannya. Walaupun sederhana, pelanggan yang berulang tahun pasti senang.
Apalagi jika momen tersebut direkam dan dipublikasikan. Restoran kita juga yang
akan mendapat image baik.
5. mempertahankan standar
sempurna yang telah ditetapkan.
Image restoran kita ibarat kepercayaan, sekali hilang, hilang selamanya.
Kesempatan kedua pun jarang diberikan. Pengunjung tidak menyukai café yang
tidak konsisten, hal itu bisa merusak image baik restoran kita. Karena itu
setiap standar yang telah kita terapkan dengan baik harus dipertahankan
sebaik-baiknya. Karena itu lakukan persiapan cadangan untuk menghindari
penurunan standar atau kejadian tidak diinginkan. Seperti memiliki karyawan
loyal yang dapat dipercaya untuk mengcover segala aktivitas operasional
restoran, atau menggunakan jasa outsourcing, hingga dana cadangan untuk
mengcover biaya operasional restoran pada masa resesi.
Demikian beberapa poin yang dapat kami bagikan, semoga dapat memberi
inspirasi bagi para pengelola restoran / café di luar sana, agar restorannya
senantiasa ramai pengunjung dan semakin terkenal. Hard work pays off! Kerja keras
pasti memberi hasil. Cheers!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar