Rabu, 26 Juni 2019

cara membuat restoran ramai dan viral


CARA MEMBUAT USAHA RESTORAN RAMAI & VIRAL



“Seribu satu cara sudah dilakukan! Tapi kenapa restoran / cafe yang saya buka masih sepi? Jika ramai pun hanya sementara saja. Sebenarnya dimana letak kesalahannya?” Mungkin tidak sedikit dari kita yang pernah bertanya pada diri sendiri mengenai hal itu.
Ok! Pertama-tama, anda tak perlu heran apalagi panik, karena fakta sebenarnya di lapangan: Anda tidak sendiri!
Mungkin banyak dari kita belum tahu karena saking banyaknya pihak / franchise yang menawarkan peluang usaha kuliner dengan iming-iming kesuksesan cepat dengan modal awal usaha yang kecil, tanpa melihat sebenarnya apa yang akan dihadapi calon mitranya diluar sana, yaitu persaingan yang sangat ketat.
Saat ini bisnis kuliner telah mencapai tingkatan yang tinggi.  Tapi bukan berarti menjalankan bisnis ini susah, hanya saja diperlukan usaha yang lebih cerdas untuk bisa membuatnya sukses.
Tidak ada 1 jurus ampuh yang bisa langsung membuat café anda ramai seketika, berbisnis restoran / café memiliki tantangannya sendiri. diperlukan Passion, Kerja keras & Kreativitas. Yang terakhir merupakan yang terpenting, sekaligus yang terlangka (Hehe..) Tetapi tidak perlu kuatir karena kami akan memberi beberapa solusi cerdas secara detail tentang tips mengelola restoran / café anda agar bisa sukses!
Berikut 5 Tips cara membuat restoran / café anda terkenal dan senantiasa ramai pengunjung
1.    Membuat konsep café yang unik
Restoran korea menyajikan daging dengan cara dipanggang oleh kita sendiri, sedangkan restoran seafood memperbolehkan kita memilih sendiri hewan laut yang ingin kita makan, bahkan saat hewan tersebut masih hidup. Hal ini terbukti menyenangkan pelanggan, karena pelanggan jadi merasa bebas, sekaligus membuat restoran / café anda memiliki ciri khas, ciri khas yang membuat anda unik sehingga berbeda dengan yang lain. Pengunjung akan mengingat dan membicarakannya diluar sana
Bila anda tidak ada ide, silahkan baca postingan berikut : Jasa set up konsep resto impian
2.    menu makanan yang unik, tetapi tetap enak.
Dessert house menyajikan menunya dengan dekorasi lucu & imut (cocok untuk anak muda remaja), sedangkan pada Steak house daging yang dimasak tersedia dengan berbagai tingkat kematangan, dan disajikan di hotplate yang terus memasak hingga makanan tersebut sampai di hadapan pelanggan. Kesan inilah yang kadang tersimpan di memori langganan anda, kesan bahwa kita menghargai mereka dengan memberikan yang terbaik.
3.    mengkampanyekan Restoran / Café anda di sosial media.
Sosial media merupakan sarana pemasaran yang efektif dan murah. Sangat disayangkan apabila anda memiliki restoran yang good, menu makanan yang great, dan servis yang excellent, tetapi tidak mempublikasikannya di sosial media. Dunia tidak mengetahui eksistensi restoran anda. Sebaliknya merupakan sebuah berkah untuk umat manusia apabila mereka dapat menemukan restoran anda dengan mudah. Langkahnya adalah tentukan fokus platform sosmed yang dipilih, buat profil, publish foto, dan jangan lupa hal yang paling disukai pelanggan baru, yaitu promo (promosi). Sangat penting mempertahankan Cafe/restoran anda agar tetap dikenal banyak orang.
4.    selalu inovasi, dan mengikuti perkembangan zaman.
Inovasi yang kami maksud adalah menciptakan sendiri hal-hal unik yang baru, dengan maksud membuat pelanggan menjadi lebih puas lagi. Contohnya membuat promo menu makanan khusus bagi yang berulang tahun, sekaligus ikut memeriahkannya. Walaupun sederhana, pelanggan yang berulang tahun pasti senang. Apalagi jika momen tersebut direkam dan dipublikasikan. Restoran kita juga yang akan mendapat image baik.
5.    mempertahankan standar sempurna yang telah ditetapkan.
Image restoran kita ibarat kepercayaan, sekali hilang, hilang selamanya. Kesempatan kedua pun jarang diberikan. Pengunjung tidak menyukai café yang tidak konsisten, hal itu bisa merusak image baik restoran kita. Karena itu setiap standar yang telah kita terapkan dengan baik harus dipertahankan sebaik-baiknya. Karena itu lakukan persiapan cadangan untuk menghindari penurunan standar atau kejadian tidak diinginkan. Seperti memiliki karyawan loyal yang dapat dipercaya untuk mengcover segala aktivitas operasional restoran, atau menggunakan jasa outsourcing, hingga dana cadangan untuk mengcover biaya operasional restoran pada masa resesi.
Demikian beberapa poin yang dapat kami bagikan, semoga dapat memberi inspirasi bagi para pengelola restoran / café di luar sana, agar restorannya senantiasa ramai pengunjung dan semakin terkenal. Hard work pays off! Kerja keras pasti memberi hasil. Cheers!

Baca juga : Cara membuat restoran sendiri tanpa franchise




Tidak ada komentar:

Posting Komentar